Rabu, 09 Januari 2013

SILABUS TELAAH DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI 2013



SILABUS
TELAAH DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI JURUSAN TARBIYAH STAIN DATOKARAMA PALU
SEMESTER GENAP TAHUN 2012-2013
=========================================== 

A. DESKRIPSI SINGKAT
Mata kuliah ini membahas tentang telaah dan pengembangan kurikulum PAI di Sekolah/Madrasah mencakup: pengertian, konsep kurikulum dalam pendidikan, peran dan fungsi kurikulum di sekolah, proses tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI, pendekatan pokok materi kurikulum PAI di Sekolah/Madrasah, perubahan kurikulum PAI dari waktu ke waktu, aspek yang mempengaruhi kurikulum PAI di Sekolah/Madrasah, peran dan fungsi guru dalam tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI di Sekolah/Madrasah, KTSP di Sekolah/Madrasah,  skill menyusun silabus dan RPP dan penilaian PAI di Sekolah/Madrasah.
B. KOMPETENSI
Berkompeten mendeskripsikan, menjelaskan, mengkaji, menelaah, mengembangkan aspek-aspek kurikulum PAI di Sekolah/Madrasah, terampil dalam menyusun intrumen pembelajaran PAI di Sekolah/Madrasah
C. INDIKATOR STANDAR KOMPETENSI
Mampu dalam:
  1. Menjelaskan pengertian kurikulum
  2. Menjelaskan konsep kurikulum dalam Pendidikan
  3. Menjelaskan peranan dan fungsi kurikulum
  4. Menganalisis model-model pengembangan kurikulum
  5. Menjelaskan proses tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI
  6. Menjelaskan pendekatan pokok materi dalam tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI
  7. Menjelaskan perubahan kurikulum PAI dari waktu ke waktu
  8. Menjelaskan prinsip-prinsip dan faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum PAI di Sekolah/Madrasah
  9. Menjelaskan peranan dan fungsi pendidik dan pengembangan dan tela'ah kurikulum  PAI  di  Sekolah/Madrasah
  10. Menyusun pokok-pokok KTSP  di Sekolah/Madrasah
  11. Menyusun sillabus kurikulum  PAI di Sekolah/Madrasah
  12. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Kurikulum PAI di Sekolah/Madrasah 
  13. Menyusun materi dan mengembangkan Kurikulum PAI di Sekolah/Madrasah

D. PEMETAAN MATERI  SAJIAN
T
A
M
U

I
II
III
IV
V
VI
VII
VIII
IX
X
XI
XII
XIII
XIV

XVI
T
O
P
I
K

0
1-2
3-4
5-6
7-8
D
I
S
K
U
S
I
M
I
D

S
M
S
T
9
10 & 11
12
13
14
15
PENG
AYAAN
U
A
S

KETERANGAN

  1. Pengantar Mata Kuliah
  2. Pengertian Kurikulum
  3. S. Nasution. 1988. Asas-asas kurikulum. Bandung: Jemmars, h. 7-17 dan Oemar Malik. 1990 Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju, h. 4-7. Ornstein, Allan C. Francis P. Hunkins. 1988. Curriculum: foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs, h. 6-12. Tugas  individu menyusun makalah.
  4. Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, h. 1-16, Zais, Robert S. 1976. Curriculum: principle and foundation. London: Harper & Row, Publishers. H.  6-11. Tugas  individu menyusun makalah.
  5. Oemar Malik. 1990 Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju, h. 4-12. Tugas  individu menyusun makalah.
  6. S. Nasution.1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara, h. 8-13. Tugas kelompok menyusun makalah
  7. S. Nasution, Asas-asas kurikulum. Bandung: Jemmars, h. 218-246
  8. E. Mulyasa. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung:   Remaja Rosdakarya. Dan Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: BSNP.
  9. Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas.
  10. Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas.
  11. Supiana. dan M. Karman. 2001. Materi pendidikan agama Islam.  Bandung: Remaja Rosdakarya.

E. PENILAIAN

Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Pengembangan Kurikulum PAI ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik. Evaluasi ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Nilai Harian (Tugas/Pekerjaan Rumah/Latihan Harian) : 20 %;
2. Ujian Tengah Program : 30 %;
3. Ujian Akhir Program : 50 %
--------------------------------------------------------------------------------- +
Jumlah : 100%

Nilai Harian (Tugas di kelas, PR) :
Mahasiswa mengerjakan tugas yang dibebankan, dalam bentuk pembuatan makalah secara berkelompok maupun perorangan. Setiap Tugas/PR akan mendapatkan nilai dengan skala 0 – 100.

Tes Tengah Semester
Tes Tengah Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran 1 sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada tengah program. Bentuk soal campuran. Sifat tes tengah program ini ialah buku tertutup.

Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran yang diberikan sesudah tes tengah program sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada akhir program. Bentuk soal campuran. Sifat tes akhir program ini ialah buku tertutup/terbuka.

F. MEDIA
1. Laptop
2. LCD
3. Internet

G.
BAHAN BACAAN

  1.  Tyler. Ralp W. 1949. Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: The University of Chicago.
  2.  Zais, Robert S. 1976. Curriculum: principle and foundation. London: Harper & Row, Publishers.
  3. Ornstein, Allan C. dan Francis P. Hunkins. 1988. Curriculum: foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs.
  4. S. Nasution. 1988. Asas-asas kurikulum. 1988. Bandung: Jemmars
  5. S. Nasution.1989. Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.
  6. Oemar Malik. 1990 Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju.
  7. Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  8. Mulyasa. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas.
  10. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: BSNP.
  11. Supiana. M. Karman. 2001. Materi pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  12. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
  13. Dan buku-buku lain yang relevan.


Palu,   08 Rabiulawal  1434 H.
20 Januari         2013 M.

Dosen Pembina



Drs. SOFYAN, M.Pd.
NIP. 19591019 1991031 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar