Selasa, 15 Mei 2012

KERAJAAN-KERJAAN DI KEBUPATEN BANGGAI 
(BANGGAI DAN BANGGAI KEPULAUAN) 

  1.  Kerajaan Fuadino; yaitu kerajaan tertua yang ada di Banggai Kepulauan sekarang ini,  tepatnya  berada di Peling Barat di mana sisa-sisa peninggalan kerajaan tinggal puing-puing onggokan batu kapur yang telah dibongkar paksa oleh pencari benda-benda antik, termasuk kuburan mereka, konon di kerajaan Fuadino ini jauh sebelum kerajaan Banggai yang dikenal didirikan Fins Mandapar (Frins Vanden Vaar), telah hidup makmur dan jaya dan telah memiliki hubungan dengan kerajaan Sriwuijaya, sehingga kerajaan Singosari dan Majapahit sangat memperhatikannya sampai-sampai melakukan penaklukan, dan konon beritanya sebuah pedang besar yang pernah di pakai dalam peperangan milik bala tentara patih Gajah Mada kini tersimpan di salah satu desa di Peling Barat dan oleh masyarakat disebut pedang  "MASANDA". Punahnya kerajaan Fuadino yang telah Islam tidak lepas dari berbagai unsur politik dan lain-lain sebagainya yang terkait dengan penal\klukan dan kekuasaan.
  2. Kerajaan Banggai: adalah kerajaan yang didirikan oleh kerajaan Ternate masa Sultan/Raja Baabullah. Belanda dengan segala kehebatannya bekerja sama dengan Sultan Ternate Baabulah mendirikan  Banggai yang kemudian terus dipelihara sampai pada penyerahan kerajaan kepada NKRI.
  3. Kerajaan Banggai Masa Kemerdekaan NKRI): Pada masa ini kerajaan Banggai tidak lagi terkenal seperti kerajaan-kerajaan yang ada di Pulau Jawa, bahkan hampir tidak ada buku sejarah yang menuliskannya dalam perjalanan peta kehidupan bangsa Indonesia, apakah karena kurang informasi atau faktor lain, belum diketahui, namun yang jelas kerajaan Banggai pernah ada dan eksis di kawasan timur Indonesia.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar